Strategi Pemasaran Produk

Oleh Unknown

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Strategi pemasaran produk merupakan tanggung jawab seluruh komponen dalam sebuah perusahaan. Membebankan strategi pemasaran hanya kepada bagian marketing tentu kurang arif. Seyogyanya semua karyawan di bagian apa pun merasa perlu ikut memikirkan strategi pemasaran produk perusahaan tempat dia bekerja. Cara paling sederhana adalah dengan mengabarkan kepada siapa saja tentang produk barang maupun jasa perusahaan tersebut. Apalagi yang dipasarkan berupa produk baru tentu sangat berat kalau hanya dilakukan oleh bagian pemasaran.

Hakikatnya, semua orang punya kemampuan menjual. Atau lebih tepatnya kemampuan menjual diri. Misalnya, pada saat  tertarik kepada lawan jenis maka naluri kita akan berusaha tampil sebaik-baiknya untuk membangun citra diri. Ini bisa menjadi bekal dalam pemasaran. Begitu pula ketika bertemu dengan orang-orang yang baru kenal maupun teman yang sudah lama kita kenal. Sebagai orang yang sedang punya misi membangun STtrategi Pemasaran produK biasanya akan berusaha menunjukkan siapa kita, bekerja di mana, bergerak di bidang apa, produknya apa, dan seterusnya. Tentu saja,  perbincangan mengenai hal tersebut harus dilakukan secara wajar sehingga tidak tampak kalau anda sebenarnya sedang menjual. Tugas semacam ini bisa dilakukan oleh semua karyawan sebagai usaha kecil untuk membesarkan perusahaan.

 Tugas yang lebih spesifik lagi menjadi beban divisi pemasaran untuk merancang strategi yang lebih sistematis dan terukur. Merekalah yang memiliki kompetensi marketing dan untuk itu mereka dibayar. Salah satu strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan adalah pasang iklan di koran, radio, televisi, maupun internet. Keempatnya memiliki jangkauan yang luas. Sekalipun demikian masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan.

Strategi pemasaran yang paling dahsyat, menurut para pakar marketing, adalah penuturan pelanggan. Mereka yang sudah memakai produk akan lebih dipercaya oleh calon pelanggan potensial yang sedang mencari referensi. Pembeli yang puas atas mutu produk akan menjadi corong iklan gratis dan berjalan keliling pula. Sebaliknya, pemasaran terburuk adalah juga penuturan pelanggan yang tidak puas dan menilai negatif produk kita.. Itulah sebabnya produk bermutu dan pelayanan memuaskan adalah nomor 1. 

Pasang iklan memang bisa meningkatkan penjualan, tetapi citra buruk yang dituturkan oleh pembeli bisa merusak semuanya. Kalau sudah demikian, strategi pemasaran produk akan semakin berat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 12.1.12

{ 1 komentar... Silakan dibaca atau Tulis Komentar }

Arief Yustana mengatakan...

Info yang bermanfat...
tks pa Bro

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.