Contoh SOP Perusahaan

Oleh Unknown

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Setiap perusahaan yang ingin maju wajib memiliki SOP. Contoh SOP perusahaan dapat anda temukan di internet dengan mudah. Seperti di blog ini Anda juga bisa download contoh SOP yang telah kami sediakan link di bawah tulisan ini.

SOP atau standar operating prosedur dapat diartikan sebagai pedoman tertulis yang dipergunakan untuk menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Tujuan SOP perusahaan adalah agar karyawan dapat menjaga konsistensi dan tingkat kinerja yang baik pada setiap unit kerja masing-masing. Contoh SOP ini sebagai usaha untuk membantu pemilik usaha kecil yang baru memulai bisnis agar dapat menyusun SOP perusahaan demi kemajuan dan kelancaran organisasi.

Perusahaan yang baik dan memiliki peluang untuk maju harus membuat SOP pada tiap unit kerja. Contoh yang bisa dikemukakan di sini adalah adanya SOP business development, SOP pembayaran gaji dan renumerasi karyawan, SOP penerimaan barang, SOP peraturan perusahaan, SOP pembuatan produk, SOP penerimaan barang, SOP pemimjaman barang, SOP peralihan kasir, SOP buka tutup outlet, dan lain-lain. Singkat kata, semua kegiatan perusahaan harus ada SOP-nya. Hal ini dibuat untuk kelancaran roda perusahaan dan menghindari kerugian serta penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan.

Secara garis besar contoh SOP memuat hal-hal berikut ini
1.Tujuan : memuat tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
2. Scope: memuat siapa saja yang terikat oleh SOP ini.
3. Definisi: uraian tentang SOP ini digunakan untuk apa.
4. Tanggung jawab: uraian tentang tanggung jawab yang dibebankan kepada pihak-pihak terkait. 
5. Prosedur: uraian tentang kondisi geografis di lokasi perusahaan, contoh: populasi penduduk, fasilitas, harga sewa, dan siapa kompetitor.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas silakan download contoh SOP perusahaan  business development dan SOP pembayaran gaji karyawan di bawah ini.

Contoh SOP perusahaan                      [DOWNLOAD]
Contoh SOP pembayaran gaji               [DOWNLOAD]
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 29.1.12

{ 0 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.