Tips Usaha Laundry

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Tips usaha laundry kami sajikan untuk membantu pelaku usaha rumahan yang ingin memulai usaha kecil bisnis laundry. Usaha kecil menengah laundry saat ini termasuk usaha yang menguntungkan. Seiring dengan mobilitas manusia yang semakin tinggi tidak ada waktu lagi untuk mengurus baju-baju kotor. Jalan terbaik adalah menyerahkan kepada ahlinya, usaha laundry yang saat ini mudah kita temukan.

Inilah beberapa tips usaha laundry yang bisa anda pertimbangkan.
1.      Pahami lebih detil karakteristik bisnis laundry kiloan ini. Seluk beluknya, dari air yang dibutuhkan, listrik, sistem bisnisnya, apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan membeli jasa laundry dan termasuk harga jual.
2.      Pelajari perilaku kompetitor atau pesaing. Di sini Anda mesti tahu tentang harga jualnya. Katakanlah harga jualnya Rp 6.000. Berapa keuntungan yang diperoleh dengan harga tersebut. Kemudian yang Anda perlu ketahui adalah berapa kilo kira-kira dalam sehari laku terjual. Selain itu Anda mesti cari tahu mengenai hari-hari apa saja yang paling laris dan yang paling sepi. Berapa banyak pegawai yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Apakah cukup satu orang atau dua orang. Kenapa Anda perlu mengetahui beberapa hal itu? Supaya Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing Anda.
3.      Anda tidak harus melakukan sesuatu yang sama sekali baru. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Kalau Anda belum mampu melakukan modifikasi, maka sebaiknya lakukan saja pengamatan terlebih dahulu dan kemudian Anda lakukan peniruan terhadapnya sesuai dengan kemampuan Anda.
4.      Jika Anda ingin melakukan modifikasi, maka modifikasi yang perlu dilakukan adalah menjual dengan harga yang sedikit lebih murah dari pesaing. Misalkan, pesaing atau pemain yang sudah lebih dulu hadir menjual dengan harga Rp 6.000, sebaiknya Anda tidak menjual dengan harga yang sama. Mungkin juallah dengan harga Rp 5.500. Mengapa ini perlu dilakukan? Supaya terlihat ada perbedaan. Tetapi kalau Anda menilai dengan harga itu ternyata membuat margin keuntungan menjadi tipis, maka selayaknya Anda memberikan pelayanan yang lebih baik dari pesaing dengan harga yang sama. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengantar langsung laundry kiloan sampai ke tempat pelanggan (itu pun kalau pesaing tidak melakukannya). Atau Anda bisa juga dengan memberikan waktu penyelesaian yang lebih cepat dari pesaing Anda.
5.      Berikan sejumlah diskon jika Anda mendapat order yang cukup besar dari mereka. Katakanlah jika satu hingga tiga kilo tidak mendapatkan diskon, mungkin dengan pemesanan 5 kilo Anda berikan potongan harga setiap kilonya menjadi Rp 5.800. Ini akan sangat terlihat berbeda di mats konsumen. Dan kemungkinan ini akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih laundry Anda. Prinsipnya, jangan pernah takut membuat terobosan yang mungkin akan dinilai positif bagi konsumen.
6.      Carilah partner atau semacam agen atau orang yang dapat Anda andalkan dan Anda percayai untuk membantu Anda memasarkan produk atau jasa laundry tanpa harus menggajinya. Yaitu dengan cara memberikan komisi terhadap penjualan. Cara ini saya lakukan dalam menjual produk pendidikan dan hasilnya luar biasa bagus tanpa saya harus keluar biaya promosi. Namun Anda harus sabar mencari orang seperti ini. Keyakinan untuk mendapatkan orang semacam ini akan sangat menolong Anda. Saya pun pernah melakukannya dan butuh waktu.
7.      Juallah kejujuran dan kesabaran, sebab kata kunci bisnis apapun adalah kejujuran. Saya berani menjamin yang paling utama dari uraian yang saya sampaikan di atas adalah kejujuran. Banyak sahabat saya yang jujur dalam berbisnis cenderung langgeng dan sebaliknya banyak yang hancur karena persoalan ketidakjujuran. Jangan lupakan bahwa kesabaran adalah faktor yang juga sangat penting untuk menunjang keberhasilan berbisnis. Sabar dalam mengelola, mempromosikan, menghadapi konsumen yang rewel dan lain sebagainya.
Itulah 7 tips usaha laundry yang dapat Anda cermati untuk membuka usaha kecil menengah laundry. Semoga bermanfaat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 26.11.11

{ 0 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.