Jenis Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

jenis usaha kecil menengah
Contoh Usaha Kecil Menengah

Jenis usaha kecil menengah di Indonesia sangat beragam. Di antara berbagai jenis usaha kecil menengah itu, jenis usaha makanan dan minuman mencapai pertumbuhan yang luar biasa tahun 2011. Munculnya pelatihan-pelatihan bisnis melahirkan pengusaha muda dengan modal nekad alias modal dengkul. Itu pun dengkulnya orang lain. Betapa tidak. Dengan keberanian yang tinggi rata-rata mereka memulai usaha kecil dengan pinjam uang ke bank. Berbekal materi pelatihan yang disampaikan para mentor bisnis, mereka membangun mindset otak kanan. Action dulu, mikir belakangan. Banyak yang sukses, walaupun tidak sedikit yang gulung tikar.
Peluang usaha kecil menengah berhasil ditangkap dengan baik oleh para pebisnis kecil yang baru memulai belajar bisnis dari titik nol. Misalnya, usaha kecil makanan dan minuman dapat kita temukan dengan mudah di pusat-pusat perbelanjaan. Outlet-outlet atau tepatnya gerobak-gerobak  dengan tampilan menarik terlihat mencolok. Umumnya mereka termasuk jenis usaha waralaba – franchise. Berawal dari  usaha kecil dengan konsep besar mereka mampu meraih peluang bisnis tanpa bersusah payah melakukan promosi lewat iklan dengan biaya mahal. Pasar pun telah terbentuk.
Contoh usaha kecil menengah bisnis makanan dan minuman akan terus terbuka lebar. Menurut Among Kurnia Ebo, mentor bisnis dari entrepreneur university, selama manusia punya perut dan selama manusia masih butuh makan, usaha makanan dan minuman tetap laku. Kunci sukses jenis usaha kecil makanan adalah; makanan harus enak, cocok di lidah. Masalah harga dan lain-lain tidak jadi soal. Jika makanan sudah cocok di lidah maka harga menjadi nomor ke sekian.
Berikut tips memulai usaha makanan dan minuman
  1. Rasa sesuai selera. Caranya, kunjungi tempat-tempat penjual makanan yang ramai pembeli. Belilah dan rasakan, coba tiru dan tingkatkan rasa yang berhasil anda dapatkan.
  2. Perbarui dan perbaiki kualitas masakan buatan anda. Bagikan secara gratis kepada beberapa teman dan mintalah  saran; apa kekurangan masakan buatan anda.
  3. Layanan dan tampilan prima. Lihat bagaimana penjual makanan yang laris tadi melayani pembeli. Anda  bisa melayani lebih dari yang mereka lakukan.
  4. Jika usaha makanan anda dalam kemasan, buat kemasan yang menarik agar memiliki nilai lebih dibanding yang lain. Ini untuk menciptakan image terhadap produk anda.
  5. Usaha waralaba bisa menjadi pertimbangan untuk menjadikan usaha makanan anda lebih besar dengan jangkauan pasar yang luas.
Jenis usaha kecil menengah atau UKM yang dikelola dengan konsep yang jelas akan mencapai hasil yang besar. Semoga bermanfaat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 17.11.11

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

RIAU SARANA TEKNIK mengatakan...

blog walking here, kami menyediakan mesin2 tepat guna untuk usaha kecil rumah tangga.
riausarana. blogspot

ukm dan wirausaha mengatakan...

sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang dapat kita kembangkan dengan terlebih dahulu mengenal potensi yang ada di sekitar lingkungan kita.

salam entrepreneur
http://blog-wirausaha.blogspot.com/

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali ..............





agen tiket murah

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.