Tips Cara Mencari Nasabah

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Dalam sebuah badan usaha seperti asuransi, lembaga perkreditan, dan lembaga keuangan lainnya, kemampuan cara mencari nasabah perlu dimiliki oleh karyawan di bagian marketing. Tips mencari nasabah mudah kita dapatkan melalui  internet. Hal ini sangat penting untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Kita jelas sudah menyadari bahwa manusia memiliki sikap atau tabi’at yang tidak sama. Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana sikap asli masing-masing agar kita tidak salah mencari nasabah.

Berikut ini ada tips mencari nasabah agar badan usaha yang didirikan berjalan dengan baik :
1.      Kita harus mengerti bagaimana sistem atau cara yang berlaku di kantor. Hal ini sangat penting dalam proses mencari nasabah dan mempermudah kita menjelaskan dan menjawab pertanyaan para nasabah saat kita menawarkan produk.
2.      Kita harus jujur tentang sistem di badan usaha kita kepada nasabah demi kelangsungan usaha di masa datang..
3.   Kita bisa mendatangi langsung ke rumah atau ke tempat usaha nasabah untuk menawari produk-produk yang mereka butuhkan.
4.   Jelaskanlah secara jelas sistem dan peraturan di lembaga seperti asuransi, simpanan, dan kelebihan lainnya yang diberikan oleh perusahaan Anda.
5.   Usahakan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti kepada orang yang kita tawari.
4.   Sabar dalam mencari nasabah.
5.   Tidak sedikit orang yang akan menolak saat kita tawari menjadi nasabah. Biasanya orang yang hanya memiliki usaha kecil. Namun yang harus kita lakukan adalah tidak mudah menyerah dan kecewa terhadap penolakan mereka.
6.   Kita harus yakin bahwa masih banyak orang yang akan menerima koperasi yang kita tawarkan.
7.   Jangan menjauh dan benci dari orang yang sudah menolak menjadi nasabah. Kita bisa tawari lagi di kemudian hari. Karena bisa saja orang tersebut akan bisa menerima apa yang kita tawari sebelumnya.
8.   Kedekatan dengan nasabah merupakan faktor yang sangat penting kita lakukan. Hal ini akan membuat kita tahu bagaimana sifat orang tersebut.
9.   Setiap orang akan mengalami jalan hidup yang tidak selamanya bahagia. Jadi, dengarkanlah semua keluh kesah dari semua nasabah saat mereka mengalami masalah. Bahkan akan lebih baik jika kita bisa memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Hal ini akan membuat nasabah nyaman bersama kita.

Itulah beberapa Tips Mencari Nasabah yang bisa anda coba dalam mengambil peluang usaha. Buatlah hidup kita berguna bagi orang lain dengan modal yang kita punya. Mudah-mudahan kita mendapatkan manfaatnya.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 2.2.12

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Usaha Kecil Menengah mengatakan...

Tips cara mencari nasabah yang bagus. teruskan ACTION!

Admin Suramadu Blog mengatakan...

@Usaha Kecil Menengah, terima kasih telah berkunjung. Blog ini memang didedikasikan bagi pencari Peluang Usaha agar mendapatkan referensi dalam memulai bisnis.

aank mengatakan...

ya tips luar bisa,,, tpiii mencari nasabah memamg harus dengan kesabaran,,, ibarat sedikit dmi sdikit lama lama menjadi bukit

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.