Jual Lovebird :: Bisnis Sampingan Menguntungkan

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Jual lovebird merupakan peluang bisnis sampingan yang menggiurkan. Ternak lovebird dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang luar biasa. Keuntungan besar usaha rumahan ternak lovebird telah menarik minat banyak orang. Tak terkecuali para pemodal besar ikut melirik prospek bisnis peternakan si burung cinta ini.

Pada mulanya, ternak lovebird hanya diminati para pecinta hobby ternak burung. Para penjual lovebird juga masih sebatas antar-pecinta burung. Saat ini, peternakan lovebird sudah mulai digarap oleh para investor dengan modal yang tidak kecil. Di Madura, misalnya, para tengkulak tembakau atau dikenal dengan sebutan bandul tembakau mulai mengalihkan modalnya untuk membuka bisnis ternak lovebird.

Harga Jual Lovebird Naik Terus
Harga tembakau yang terus merosot juga mendorong petani tembakau beralih ke ternak lovebird. Sekalipun musim panen tembakau saat ini dinilai menghasilkan kualitas tembakau yang bagus, harga tembakau di tingkat petani justru terjun bebas. Sebagian besar petani bahkan merugi karena hasil panen mereka hanya cukup untuk menutup modal. Pada musim panen tembakau tahun 2011 harga tembakau rajangan di tingkat petani berkisar antara 26.000 s.d. 30.000 rupiah, tahun ini merosot hanya pada kisaran harga 10.000 s.d. 20.000 rupiah (sumber: surabaya post online) Kalau sudah demikian, Jual lovebird sebagai alternatif bisnis ternak yang menguntungkan  

Para pemodal besar mengalihkan modalnya untuk bisnis ternak lovebird. Tidak tanggung-tanggung, ratusan juta bahkan ada yang bilang hingga milyaran rupiah modalnya dialihkan untuk ternak lovebird. Alasannya ini: jual lovebird lebih gampang dan peminatnya banyak bahkan akan terus bertambah. Sekalipun harga lovebird diprediksi akan menurut setelah 2 tahun, kenyataan berkata lain. Sudah lima tahun berlalu harga lovebird bukan menurut, justru makin meroket. Anggapan orang, lovebird akan sama nasibnya dengan ikan louhan tidak terbukti.

Tahun lalu, harga lovebird anakan berkisar antara 250 ribu hingga 350 ribu per pasang. Tahun ini, harga lovebird anakan standar bisa mencapai 800 ribu per pasang. Di beberapa tempat penjualan lovebird harganya bisa jauh di atas itu. Sebuah peluang bisnis yang menggiurkan, bukan?

Inilah catatan harga lovebird per pasang hingga pertengahan tahun 2012.
Lovebird anakan non klep kuning 800.000 per pasang
Lovebird  anakan non klep/kacamata warna acak 600.000 per pasang
Lovebird anakan klep/kacamata albino mata hitam  1.500.000 (dewasa 2.500.000)
Lovebird anakan klep/kacamata albino merah  1.800.000 (dewasa 3.000.000)
Lovebird anakan klep/kacamata biru 500.000 s.d. 600.000 (dewasa 800.000)
Lovebird anakan klep/kacamata kepala emas 700.000 (dewasa 1.200.000)
Lovebird anakan klep/kacamata lutino mata hitam 2.500.000 (dewasa 3.000.000)
Lovebird anakan klep/kacamatra lutino mata merah 3.000.000 – 4.000.000 (dewasa 6.000.000 s.d. 8.000.000)
Lovebird anakan klep/kacamata pastel kuning 900.000 (dewasa 1.500.000)
Lovebird anakan klep/kacamata pastel putih 800.000 (dewasa 1.000.000)
Sumber: infoburung.com
Dengan kenyataan harga yang demikian itu, penangkaran lovebird terus mengalami pertumbuhan dari segi modal maupun populasinya. Begitu  pula penggemar burung lovebird makin luas. Mulai dari pegawai negeri, petani, karyawan, pengangguran melirik bidang peternakan burung yang satu ini. Mereka melihatnya dari segi bisnis, bukan sekedar hobby. Tepatnya, hobby yang memiliki peluang bisnis. Prospek bisnis yang terus mengalami perkembangan membangkitkan sentra-sentra peternakan lovebird pada skala besar.

Lovebird memang terus menjadi perbincangan. Forum-forum pecinta burung lovebird di internet makin marak. Walhasil, jual lovebird bisa lebih mudah. Melalui media online penjual dan pembeli saling berkomunikasi. Selanjutnya, bisa menjalin kesepakatan mengadakan pertemuan untuk bertransaksi. Jika anda tertarik usaha rumahan burung lovebird, mulailah sekarang juga. Mumpung masih hangat, senyampang peluang ambil untung masih besar.   
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 17.10.12

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Mawardi mengatakan...

terima kasih infonya

iwan mengatakan...

P SY MINAT

argapranaya zikri mengatakan...

semua harga burung tidak bisa bertahan naik secara terus menerus semua ada klimaksnya dan ada waktunya harga kembali normal itu semua hukum alam apalagi sekarang peternak lovebird sudah menjamur orang berlomba2 untuk beternak love bird sudah banyak contoh riil yang terjadi contoh ikan lohan, bunga gelombang cinta, ayam ketawa dulu harganya selangit tapi seiring perjalanan waktu skrg malah tidak laku jika benar2 penghobi burung mungkin anda tidak mempermasalahkan masalah kenaikan harga namun jika anda pebisnis itu lain hal anda harus mengikuti trends dari waktu ke waktu. silahkan pertimbangkan untuk diri anda sendiri anda type yang mana??

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.