Bisnis Makanan Ringan, Sebuah Peluang

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Bisnis makanan ringan merupakan peluang yang masih terbuka luas. Bahan baku produk makanan ringan sangat melimpah di sekitar kita. Keuntungan usaha rumahan produk camilan memiliki banyak varian yang bisa dikembangkan. Kemampuan dan kejelian melihat trend pasar akan menjadi jalan menuju sukses.

Macam-macam bisnis makanan yang memiliki peluang merebut pasar adalah camilan untuk anak-anak. Makanan ringan tidak hanya disukai anak-anak tetapi semua umur. Itulah sebabnya peluang bisnis makanan ringan baik dalam skala kecil menengah maupun besar terbuka lebar. Hal ini sesuai dengan karakteristik makanan ringan yang sifatnya sebagai pendamping atau ngemil di segala suasana.
Bisnis Makanan

Sifat konsumen produk makanan ringan adalah sangat menyukai hal-hal baru. Bisnis makanan yang mampu melihat peluang yang ada pasti diserbu pembeli. Lihatlah bagaimana munculnya tahu kress, tahu bulat, cireng isi, lele crispy, roti kebab, serabi keraton, dan berbagai jenis bisnis makanan ringan lainnya. Mereka dapat dijadikan contoh bisnis makanan ringan yang sukses.

Telah banyak pelaku bisnis makanan ringan yang sukses membuka cabang di berbagai kota dengan sistem kemitraan. Sebagian di antaranya bahkan mampu menjadikannya sebagai bisnis waralaba modal kecil. Sebagai franchisor (pemilik franchise), pemilik nama produk yang telah menjadi brand mempunyai hak royalti atas bisnis waralaba ini.

Tips membuka bisnis waralaba makanan
1.      Lakukan observasi/riset pasar jenis makanan yang banyak diminati.
2.      Memilih lokasi dan cara negosiasi harga beli/sewa tempat.
3.      Pastikan ketersediaan bahan baku yang berkualitas dan murah
4.      Pengelolaan outlet yang higienis
5.      Pilih sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan punya etos kerja yang bagus.
6.      Lakukan monitoring dengan tetap menjalin kerjasama yang efektif.
7.      Lakukan pelatihan/training terhadap tenaga kerja dengan materi pelatihan yang efektif.
8.      Memberi pelayanan dan penyajian yang berkualitas kepada pelanggan/customer.

Kerjasama mutlak diperlukan dalam menjalankan bisnis makanan ringan yang ingin mengambil peluang pasar yang lebih luas. Dengan prinsip maju bersama usaha rumahan mampu menciptakan lapangan kerja, bukan mencari lowongan kerja. Itulah rahasia para entrepreneur sukses.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 21.12.12

{ 4 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

usaha-nyata.com mengatakan...

Salam kenal semua...
Di awal tahun 2013 ini kita memang harus cerdas memilih Peluang Usaha dengan Modal Kecil. Selain Bisnis di Dunia Maya, kita-pun bisa melakukan Bisnis Nyata dengan Hasil yang benar-benar nyata.
Salah satunya adalah membuka Usaha Kuliner. Ada seorang anak ABG dari Cianjur, seorang cewek yang baru saja memulai usaha kecil namun ternyata hasilnya sangat Luar Biasa. Dalam 1 bulan di berhasil meraup keuntungan bersih minimal Rp. 9 Juta Rupiah ! Pengin tahu usaha yang digeluti ? Sangat sederhana. Dia hanya berjualan Jagung Bakar...
Ide berjualan Jagung Bakar juga belum lama. Ide itu muncul saat tanpa sengaja membuka website http://www.usaha-nyata.com.
Tertarik ingin meraih sukses seperti yang dialami cewek dari Cianjur tersebut ? Silakan kunjungi http://www.usaha-nyata.com

Yoyo Rukmawijaya mengatakan...

Saya tertarik. saya ingin maju dg modal kecil, karena beberapa kali saya gagal dan gagal. bahkan ktk saya jadi pegawai BUMN saya sdh mencoba usaha. skrg saya sdh ga krj. dan ingin usaha tp terbentur modal

angger waras mengatakan...

wahyu
Salam kenal...
Numpang tanya,Untuk product home industri yang belum punya pirt agar bisa masuk ke modern market itu gmana solusinya za gan.. Apa ada solusi lain.

Ide Usaha dan Ide Bisnis Buatmu mengatakan...

wuih mantep bos! thanks infonya

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.