Contoh Profil Perusahaan

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Contoh profil perusahaan yang baik adalah mencerminkan bidang usaha yang dijalankan. Penampilan maupun bahasa yang digunakan harus mencerminkan sebuah usaha bidang tersebut. Misalnya, dalam menggunakan materi gambar maupun desain hendaknya sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Profil perusahaan atau company profile merupakan bagian penting dalam pendirian usaha. Hal ini dapat diibaratkan sebagai wajah perusahaan yang sesungguhnya. Dalam membuat proposal usaha, profil perusahaan dapat menjadi pertimbangan utama mitra kerja untuk menerima tawaran kita. Contoh profil perusahaan bidang teknologi informatika IT, misalnya, harus menampilkan desain yang mencerminkan keunggulan teknologi tersebut. Gambar-gambar yang dipakai sebagai pendukung harus ditampilkan secara baik yang menunjukkan kemampuan olah digital. Demikian juga profil perusahaan makanan harus menyajikan desain gambar yang menggugah selera.
Struktur Organisasi dalam Profil Perusahaan
Beberapa contoh profil perusahaan biasanya ditampilkan dalam bentuk company prifile. Macam-macam company profile usaha kecil antara lain: profil perusahaan dagang, profil perusahaan jasa, perusahaan travel, perusahaan percetakan, dan profil perusahaan kecil lainnya. Badan usaha apapun yang didirikan harus harus membuat profil usaha yang baik untuk kemajuan bisnis. sekalipun bisnis anda termasuk dalam usaha kecil, profil perusahaan wajib dibuat.

Profil perusahaan kecil dalam bentuk company profile sederhana berikut ini disajikan dalam format word dan pdf yang bisa anda download.
Contoh profil perusahaan kecil [DOWNLOAD]
Contoh profil perusahaan Jasa [DOWNLOAD]
Contoh profil Perusahaan dagang [DOWNLOAD]

Company profile perusahaan harus memuat hal-hal seperti tertera di bawah ini.
1.      Pengantar: uraian tentang apa dan bagaimana perusahaan anda didirikan. Pada bagian ini hendaknya menyajikan sejarah berdirinya perusahaan, sejak kapan dan apa saja pencapaian kesuksesan yang telah diraih.
2.      Visi dan Misi: menguraikan keunggulan perusahaan dan target pencapaian.
3.      Struktur Perusahaan: menyajikan diagram struktur perusahaan yang memuat bagian-bagian dalam perusahaan beserta nama-nama pejabat di dalamnya.
4.      Produk yang ditawarkan: usaian mengenai produk utama, produk unggulan dan produk-produk lain yang mungkin akan diproduksi di masa mendatang.
5.      Nama-nama mitra usaha/partner: mencantumkan mitra usaha, klien, partner perusahaan yang memiliki kredibilitas dan sudah dikenal masyarakat akan sangat menguntungkan. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi perusahaan anda.

Membuat profil perusahaan yang baik memang penting. Penampilan company profile perusahaan juga penting namun kredibilitas sebuah perusahaan jauh lebih utama. Kredibilitas itu akan tercipta dengan sendirinya jika pemilik usaha bersikap jujur selalu melakukan inovasi bisnis. Contoh profil perusahaan ini sebagai salah satu alternatif yang dapat dijadikan referensi pendirian usaha. 
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 6.12.12

{ 1 komentar... Silakan dibaca atau Tulis Komentar }

Irfan Ghifari mengatakan...

Terima kasih , atas postingannya :)

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.