Kaos Unik Bergambar dan Berhias Kata-Kata Idiom Madura

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Kaos ini memang unik. Usaha kecil menengah kaos bergambar dan berhias kata-kata idiom yang khas Madura ini hasil rancangan Imam Santoso. Sang perancang menamakan brand rancangannya ini dengan merk Biru Deun. Biru Deun dalam bahasa Indonesia artinya Hijau Daun.  Mengapa Biru Daun, bukan Hijau Daun? Memang, dalam bahasa Madura tidak dikenal kosa kata “Hijau” untuk macam-macam warna. Warna hijau dalam bahasa Madura disebut “biru”.

Ada tampilan “Nyeloh Cetak” yang artinya pusing tapi di kaos ini justru ditulis artinya dalam bahasa Inggris “Headache”, ada pula tampilan “Salbut Salsalan” yang artinya Kacau Balau, diartikan dalam bahasa Inggris “Complicated”. “Glenon” artinya permisi, diartikan “Excuse Me”, “Ka Berek ka Temor” yang artinya “Mondar-Mandir” diartikan dalam bahasa Inggris “To the East to the West”. Ada juga tampilan gambar kelinci jantan yang sering dipakai logo playboy dan dibawahnya ditulis idiom “Gun Nyareh Prabhen” artinya “Hanya Mencari Gadis”. Ini cocok dipakai cowok sedangkan untuk cewek lebih pas kalau pakai yang bergambar kelinci betina dengan tulisan “Gun Nyareh Langceng” artinya “Hanya Mencari Jejaka”, dan masih banyak lagi idiom-idiom yang unik dan menarik lainnya.
Lihat saja contoh tampilannya di bawah ini:
Pusing

Kacaru
mondar-mandir
Playboy
Playgirl

Entah apa tujuan perancangnya menampilkan idiom-idiom Madura ini justru dengan terjemahan bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia. Yang pasti, Anda justru akan belajar memaknai kosa kata bahasa Madura melalui perantara bahasa Inggris. Aneh, memang. Justru itulah keunikannya usaha kecil ini.
Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena kaos dengan bahan yang berkualitas ini rata-rata bisa Anda miliki dengan harga 60 ribu rupiah.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 21.5.11

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Pak De Guh mengatakan...

Pelak kiya taretan.......

peluang-usaha-mu mengatakan...

keren contoh usahanya

Rawat WebGreen mengatakan...

ka izin prmo nih
grosir kaos polos

grosir kaos polos termurah bergaransi

http://www.asianbrilliant.com |
http://www.rawatweb.com

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.