Wiraswasta Modal Kecil

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Wiraswasta modal kecil bahkan tanpa modal sekalipun merupakan manusia unggul yang bisa berdiri di atas kaki sendiri. Wiraswasta berbeda dengan karyawan, apalagi buruh. Itulah sebabnya, orang yang mampu berdiri di atas kaki sendiri dalam bisnis dikenal memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship.

Kata wiraswasta berasal dari kata wira yang berarti manusia unggul, teladan, berjiwa besar, pahlawan, dan memiliki karakter. Swasta berarti berdiri sendiri. Hal ini berbeda dengan buruh yang memiliki ketergantungan dengan majikan atau pemilik usaha. Untuk meningkatkan penghasilan, buruh harus meminta kenaikan gaji kepada sang majikan. Wirausaha bisa memiliki penghasilan tak terbatas.

Wiraswasta bersinonim dengan kata wirausaha yang berasal dari bahasa Perancis entrepreneur. Sementara itu, Wirausaha berarti orang yang melihat adanya peluang dan melakukan usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut. Itulah sebabnya wiraswastawan dituntut selalu kreatif dan jeli mencari peluang dalam segala suasana.

Wiraswasta Modal Kecil
Wiraswasta Modal Kecil Kaki Lima
Bisnis Online Bukan Lagi Bisnis Sampingan
Internet memiliki peluang besar dalam menciptakan wiraswasta modal kecil. Saat ini, internet tidak lagi dianggap sebagai bisnis sampingan. Bisnis online melalui internet telah terbukti dapat menjadi usaha rumahan yang memiliki peluang sama dengan bisnis offline. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, bisnis ini akan terus mengalami pertumbuhan di masa mendatang.

Modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online tidak sebesar bisnis offline. Banyak pelaku bisnis online bahkan memulai usaha tanpa modal. Modalnya hanyalah biaya akses internet. Yang belum tahu caranya tentu bertanya: mana bisa? Itulah sebabnya peluang bisnis online masih terbuka lebar karena belum banyak pemain di dalamnya, masih sedikit yang tahu caranya. Padahal, artikel tentang cara mencari uang lewat internet dengan mudah dapat anda temukan.

Sebagai ilustrasi, untuk membangun sebuah toko kelontong, Anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa tempat usaha, membayar karyawan, mengisi stok barang, biaya perijinan, dan lain-lain yang jumlahnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bandingkan dengan biaya untuk mendirikan toko online, misalnya, modalnya tidak sampai satu juta.

Membuka usaha toko online hanya memerlukan modal untuk beli domain sekitar 100 ribu dan sewa hosting yang harganya bervariasi. Banyak layanan hosting yang menawarkan harga sewa 10 ribu per bulan. Kalau anda tidak bisa membuat web, banyak layanan pembuatan web yang harganya berkisar antara 300 ribu hingga 1 juta. Berarti dengan biaya 1 juta rupiah, Anda sudah bisa memiliki usaha sampingan wirausaha online. Itupun hanya biaya tahun pertama. Tahun berikutnya, hanya biaya perpanjangan  berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah. Murah bukan? Bahkan sekarang banyak layanan membuka toko online gratis, seperti toko bagus atau bahkan membuka toko online di facebook.

Bagaimana dengan isi stok barang? isi toko online tidak sebanyak stok toko offline. Anda bisa melakukan order barang ketika ada pembeli. Toh pembeli tidak tahu itu. Yang penting ketika mereka beli di toko online anda, barang pesananya segera dikirim. Ya, kan? Ya, toh?

Usaha Sampingan Hasil Jutaan
Kalau Anda kreatif bisa membuka toko online, sedangkan barangnya milik tetangga atau famili yang punya produk tetapi tidak bisa menjual secara online. Seperti yang dilakukan Si Toha dari Yogyakarta. Dia punya paman yang bisa membuat sabun herbal tetapi tidak tahu seluk-beluk bisnis online. Si Toha membuat web toko online dan menjual sabun herbal pamannya itu. Kini omzet toko online sabun herbal miliknya bisa mencapai lebih dari 40 juta sebulan dengan harga sabun yang hanya 7 ribu per buah. Pasarnya pun menjangkau pasar global karena internet tidak mengenal batas wilayah. Ia tidak lagi menganggap toko online sebagai usaha sampingan tetapi usaha utama. Si Toha termasuk pelaku wirausaha modal kecil dengan omzet besar.

Di sekitar kita masih banyak usaha rumahan produksi barang dan jasa yang tidak dipasarkan secara online. Ini peluang menjadi wiraswasta modal kecil. Katakan pada mereka, misalnya seperti ini: “Pak De, Pak Lik, Bu Lik, Mas, Mbak, saya akan membantu menjualkan barang anda melalui internet. Tapi, tolong saya dikasih diskon khusus.”  Dijamin mereka akan menyambut dengan senang hati. Selamat action, semoga sukses selalu mengiringi anda!
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 24.5.12

{ 14 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

falophi mengatakan...

nice info,, and great post,, thanks for share...

ahsan mengatakan...

numpang mampir dan menyimak isi blog... terima kasih informasinya...

foredi bengkulu mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat dan memotivasi mas. terima kasih

Pandekar mengatakan...

sangat-sangat bermanfaat, terimakasih artikelnya.....

Cream Pemutih Wajah mengatakan...

postingan yang bagus tentang wiraswasta modal kecil

Rose Mega mengatakan...

sy sampai saat ini blum bisa percaya dgn tawaran bisness online dgn gampang mendapatkan uang,,mksh pak infonya.

idin pujianto mengatakan...

syaratnya harus jujur.... tidak menipu konsumen..... maka dijamin bisnisnya akan maju pesat dan berkah.....

bintang hati mengatakan...

subhanallah salam sukses.,
terimakasih atas motivasinya..

bintang hati mengatakan...

subhanallah salam sukses.,
terimakasih atas motivasinya..

Gery tian mengatakan...

apa lagi waktu kita ikut kontes seo wah pasti seruh deh.. dan hasilnya cukup menggiurkan,

selama ini saya pernah mengikuti kontes seo, dan mendapatkan 10 juta, dari 3 bulan sebelum pengumuman kontes. Jika telaah berarti pendapatan kita bisa 3 jutaan, dan itu pun sudah bersih dari biaya transportasi ke warnet, jajan, kopi, pulsa, dan sewa warnet selama 3 bulan, ,,,

mungkin itu saja pengalaman saya.

Sea Heaven mengatakan...

bisnis online di internet memang membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dibanding usaha konvensional. Jika dilihat dari sisipeluang usaha, bisnis online juga memiliki potensi yang menggiurkan.

properti99 mengatakan...

Terima kasi atas tipsnya dan artikel-artikel menarik lainnya.Sukses selalu dan semangat ya!agar bisa memposting artikel yang menarik dan bermanfaat

Dian Meidiani mengatakan...

Memang berwirausaha itu perlu kerja keras, namun hasil yang didapat juga jauh lebih besar.

Jika teman2 bingung untuk memulai usaha JIlbab, dapat juga dengan mengikuti Waralaba yang sudah terbukti mudah, menguntungkan, dan beresiko rendah. Salahsatunya adalah bisnis DISTRO JILBAB MEIDIANI

Adapun produk2nya adalah JILBAB MEIDIANI, MUKENA MEIDIANI, AIMEE INNERS, dan produk2 non katalog.

Terimakasih Admin yang telah mengijinkan saya untuk memposting komen ini. Semoga Admin sukses selalu!

PPOB NASIONAL mengatakan...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
Hp:081335640101

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.