Internet Marketing :: Catatan Seminar Internet Marketing Imers (Bagian-2)

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Blog Suramadu ini hanya menyajikan tulisan yang ringan-ringan tentang internet marketing, cari uang di internet untuk pemula, yang juga ringan untuk lokal Indonesia. Kadang untuk sebuah tulisan, hanya butuh waktu 10 menit. Maklum, mantan wartawan, jadi terbiasa diburu deadline. Blogspot menjadi tempat favorit saya untuk melakukan blogging disamping wordpress, web periklanan, dan beberapa toko online. Semangat belajar internet marketing bangkit setelah pada tahun 2009 saya kehilangan akun di geocities karena layanan tersebut ditutup oleh yahoo, dan saya terlambat membaca email yahoo. Padahal saat itu sedang semangat 45 mencari usaha rumahan bisnis online.

Seperti halnya para affiliate Internet marketing lainnya, saya juga bersemangat menjadi affiliate amazon. Tentunya dengan blog berbahasa inggris, walau dengan kemampuan tidak standar. Saya pilih bayar orang untuk menuliskan content berbahasa Inggris. Teman-teman di EU (Entrepreneur University) menyebutnya: gunakan dengkul orang lain. Sebagai catatan, saking semangatnya, ada juga lho affiliate Amazon yang memasang link affiliasi di blog berbahasa Indonesia. Aneh! Mana ada orang Indonesia yang beli produk di Amazon. Yang keranjingan beli produk di Amazon, ya orang Amerika dan Inggris. Merekalah sasaran kita untuk mengeruk dollar ke Indonesia. Ya, kan? Ya, toh? ClickBank juga demikian. Itulah sebabnya Rully Kustandar mendirikan Republik Tycoon untuk yang ingin sukses internet marketing di clickbank.     
Belajar Internet Marketing Harus Banyak Tertawa
Belajar Internet Marketing kepada Ahlinya
M. Misbah yang mendapat julukan pak kepsek karena ketenaran websitenya sekolah.in dengan gayanya yang khas ‘orang gunung’, tampak bersemangat melayani pertanyaan peserta pada sesi istirahat. Misbah juga memberikan argumen yang logis ketika menjawab pertanyaan dan keheranan saya tentang mengapa dia bermain forex. Kendati pada dua kali sesi, pembawa acara maupun Momod Ari selalu lupa memanggil sang kepsek ini untuk tampil, dia tetap dengan gayanya, sun jauh. (ciaaa…ileh!)

Sebagai orang yang telah sukses bisnis online, Misbah ahli dalam SEO, dropshipping, jualan online, dan tentu saja affiliasi. Kepsek yang satu ini menganggap cari uang di internet bukan saja sebagai usaha sampingan tetapi sudah  menjadi usaha utama, bahkan istrinya pun dilibatkan untuk mengelola toko online.  
Internet Marketing Itu Seni Mencari Uang
Internet Marketing itu Harus Berprinsip: Sejuta Teman Terasa Kurang, Satu Musuh Sudah Cukup Merepotkan

Benarkah Internet Marketing Tidak Perlu SEO lagi?
Cosa Aranda dengan kehebatan SEO-nya memberi kabar tentang algoritma google yang baru. Setelah algoritma Panda, google menerapkan algoritma Pinguin. Dengan algoritma Pinguin, menurut Cak Cosa, dunia internet marketing akan kembali seperti dulu di awal-awal blogging. Pemilik blog/web harus mempromosikan secara langsung, memperkenalkan blog/webnya kepada semua orang melalui jaringan pertemanan atau bahkan melalui selebaran-selebaran (?) Jika algoritma Pinguin ini diterapkan, masih menurut Cosa, ilmu SEO tidak diperlukan lagi karena yang penting adalah content, bukan optimasi mesin pencari. Pernyataan inilah yang menggelitik saya hingga harus bertanya dan sekaligus mengeluarkan pernyataaan, walau pernyataan yang sengawur-ngawurnya. Hiii….

Untuk pembicara lainnya, kalau harus ditulis semua di sini, rasanya tulisan ini menjadi amat panjang. Ini saja sudah terlalu panjang untuk ukuran artikel internet. Yang jelas, semua hebat-hebat, semua memang ahli di bidang internet marketing, semua memang sudah praktek dan menikmati betapa mudahnya mencari uang di internet. Ahmad Isnaini, blogger yang sangat konsisten dan serius menggeluti blogging sebagai lahan bisnis, River Maya, salah satu wanita Indonesia yang sangat menguasai wordpress, Yudhis Adi N, dokter yang nyambi bisnis online dan sukses,  Agung Hari P., Dudy Giriyana, Dicky Mario, termasuk Iqbal Pujakesuma yang sulit menyampaikan gagasannya (kata anak saya, lho). Anak Medan  yang hanya lulusan SMP dan masih berumur 16 tahun ini bahkan bertekad tidak melanjutkan sekolah karena telah berhasil mendapatkan ribuan dollar per bulan dari internet (catatan: perlu dipertimbangkan lagi, karena sekolah tidak akan mengganggu bisnis online. Begitu pun sebaliknya).

Walaupun panitia tidak mengizinkan para pembicara menyampaikan hal yang bersifat teknis tetapi tampaknya para peserta sudah bisa menangkap pesan utamanya. Mereka yang datang, hampir semua sudah punya blog, punya bisnis online, bisa install wordpress, apalagi blogspot, tinggal klik-klik beres.

Menurut saya intinya ini: kalau ingin menguasai internet marketing harus belajar pada ahlinya, yakni orang-orang yang telah mempraktekkannya sendiri dan berhasil. Menjadi internet marketer harus fokus, harus punya komitmen, harus tekun. Kata Pak Rully; orang pinter dan tekun pasti sukses; orang pinter tapi tidak tekun tidak akan sukses; dan untuk menjadi orang sukses tidak perlu pinter. Selamat atas grand launching imers.co.id, semoga internet marketing Indonesia, terutama di Jawa Timur makin gemilang.


Powered by GooGLe    
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 30.4.12

{ 9 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Simon - Business Directory mengatakan...

Sungguh kesempatan langka bisa menimba ilmu langsung dari para Masternya.

Untuk alogaritma "google Pinguin' apakah benar berita nya demikian pak? apakah memang 'backlink' sudah kurang berpengaruh lagi?

salam
-simon

Jemmi mengatakan...

hebat. memang harus langsung dari ahlinya. Kira-kira untuk algoritma google saat ini benarkah kembali seperti masa-masa awal? semoga iya
-unigoldn.com-

rivermaya mengatakan...

terima kasih, liputannya menarik skali :)
sukses ya


~ Rivermaya

DC Sarrie PS mengatakan...

liputannya bagus. yg ga bisa dateng jadi bisa kebayang dan cma bsa iri krn ga dateng :( mudah2 next bsa share dgn para master ^_^

M. Malik Ibrahim mengatakan...

Terima kasih semua yang telah berkunjung ke blog butut ini; simon, Jemmi, River Maya, dan DC Sarrie PS. Selamat menggauli bisnis online, maju terus internet marketing Indonesia. Maaf baru sempat membalas soalnya lagi sibuk mengkolaborasikan bisnis online dengan offline.

adi susanto mengatakan...

kepegen banget belajar sama ahlinya ,,

CaraBisnisPulsa mengatakan...

Kalo menurut saya mah emang itu hak prerogatif mang google, mau gaya burung pinguin,burung gagak bahkan gaya bebek juga terserah google ajalah..

Dilanjut kang malik postingnya..

peluang bisnis mengatakan...

mbak maya paling cantik...hehehe

rahma rahmawati mengatakan...

mengajak beriklan geratis di www.jasakirimiklan.com
Silahkan kunjungi sekarang juga

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.