Contoh Surat Kuasa: Umum Perseorangan dan Khusus Perusahaan

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Contoh surat kuasa merupakan sajian kami dalam membantu anda yang kesulitan cara membuatnya. Sekedar mengingatkan, surat kuasa berisi pelimpahan wewenang seseorang kepada orang lain dalam suatu urusan. Pelimpahan tugas diperlukan karena anda sibuk mengurus usaha rumahan sebagai bisnis sampingan, kemudian meminta karyawan untuk mengambil uang di bank maka diperlukan surat kuasa agar pihak bank mengizinkan orang tersebut menarik uang anda. Begitu pula jika anda minta tolong orang lain untuk melakukan pengambilan dokumen, pengambilan barang, perjanjian jual beli, dan lain-lain.

Dalam membuat surat kuasa ada dua pihak yang tercantum di dalamnya. Kedua belah pihak ini adalah pemberi kuasa yang biasa disebut pihak kesatu dan penerima kuasa disebut pihak kedua. Keduanya merupakan orang yang menjalin kerjasama dengan prinsip saling percaya. Orang yang menerima kuasa diberikan kuasa penuh untuk melakukan tindakan seperti yang tertulis dalam surat kuasa. Hal ini akan menjamin kepastian hukum bagi pihak ketiga yang ditunjuk dalam surat kuasa tersebut.

Contoh Surat Kuasa

Dari segi pemberi kuasa, ada dua macam surat kuasa yaitu surat kuasa perseorangan dan surat kuasa perusahaan. Surat kuasa perseorangan diberikan oleh seseorang selaku pemberi kuasa kepada orang lain sebagai penerima kuasa. Sementara itu, surat kuasa perusahaan diberikan oleh badan usaha atau perusahaan yang dalam hal ini diwakili oleh pimpinan perusahaan atau direktur perusahaan yang bertindak atas nama perusahaan kepada seseorang.

Surat kuasa umum perseorangan dibuat tanpa menggunakan kop surat atau kepala surat sedangkan surat kuasa perusahaan mencamtumkan kop surat sebagai identitas perusahaan pemberi kuasa.  Beberapa contoh surat kuasa misalnya: surat kuasa umum, surat kuasa khusus, surat kuasa pengambilan dokumen, surat kuasa pengambilan uang di bank, surat kuasa pengambilan ijazah, surat kuasa mewakili perusahaan,  surat kuasa perjanjian jual beli, dll.

Contoh surat kuasa ini telah kami sediakan dalam format word yang bisa anda edit. Silakan download pada link di bawah ini:

Contoh surat kuasa umum perseorangan [DOWNLOAD]
Contoh surat kuasa khusus perusahaan [DOWNLOAD]

Berikut ini tampilan sebagian dari contoh surat kuasa umum (perseorangan)


Surat Kuasa

Yang bertanda tangan di bawah ini saya:
Nama               : Ahmad Murod
Alamat             : Jl. Juanda 3 surabaya
Pekerjaan         : Swasta
No KTP           : 14.43458733.2124.002

Memberikan kuasa untuk melakukan pengambilan barang pesanan saya kepada:

Nama               : Arifin Syamsudin
Alamat             : Jl. Juanda 5 Surabaya
Pekerjaan         : Swasta
No KTP           : 4367348.25226.770.001

Demikian surat kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 12 Januari 2011
Pemberi Kuasa,



Ahmad Murod
Penerima Kuasa,



Arifin Syamsudin




Contoh surat kuasa khusus (perusahaan)


SURAT KUASA

PT CENTRAL ABADI INVESTMENT
World Trade Center Building, Lantai 7, Jl. Jend Sudirman Kav.20-21, Jakarta 12920

Kepada:
Yth. PT Menara Central Efek Indonesia
Gedung Bursa Efek Indonesia Tower 1 lt.6
Jl. Jend. Sudirman Kav. 62-63
Jakarta 12190
u.p. Bapak Anwari Hasan – Kepala Divisi Jasa

Perihal: Surat Kuasa Penunjukan Pejabat Berwenang

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : Tony Suhartono, S.E.
Jabatan             : Manajer Investasi

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT Central Abadi Investment (untuk selanjutnya disebut Pemberi Kuasa). Dengan ini menunjuk nama-nama tersebut di bawah ini:
No.
Nama
Jabatan
No. Kartu Identitas
Tanda Tangan
1.




2.




3.





Selanjutnya nama-nama tersebut sebagai “Penerima Kuasa” yang merupakan pejabat berwenang yang mewakili perusahaan kami. Selanjutnya kami memberi kuasa dan wewenang kepada pejabat berwenang tersebut baik masing-masing maupun bersama-sama untuk memberikan instruksi, menandatangani instruksi, dan melakukan aktivitas lain berhubungan dengan pelaksanaan posting perdagangan.

Surat kuasa penunjukan pejabat berwenang ini mulai berlaku secara efektif sejak ditandangani dan akan terus berlaku sampai adanya pencabutan tertulis dari pemberi kuasa.


Jakarta, 10 Januari 2011

Pemberi Kuasa,

                                    Materai 6000

Tony Suhartono, S.E.



Ketelitian menyusun kalimat dalam membuat surat kuasa mutlak dilakukan oleh pemberi kuasa. Begitu pula penerima kuasa harus memperhatikan secara detil surat yang akan ditandangani, apalagi jika menyangkut masalah keuangan. Contoh surat kuasa ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan silakan diedit sesuai dengan kepentingan anda. Saya sarankan para pelaku usaha rumahan mulai belajar membuat surat-surat bisnis yang diperlukan demi kemajuan dan kelancaran usaha anda.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 15.9.12

{ 1 komentar... Silakan dibaca atau Tulis Komentar }

omjimsu mengatakan...

terima kasih atas share contoh surat kuasa nya mas lam sukses

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.