Cara Memulai Usaha Baru Membuka Butik

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Memulai usaha baru memang terasa berat. Akan lebih berat lagi jika tidak segera memulai. Ketika orang lain telah sukses membuka usaha butik, misalnya, lalu anda meniru bisnis tersebut, maka risiko gagal lebih tinggi. Berbeda jika anda yang memulai usaha rumahan tersebut di lingkungan anda.

Sebuah toko penjual baju wanita termasuk peluang usaha yang masih terbuka lebar. Wanita merupakan makhluk Tuhan yang paling suka gonta-ganti baju. Lihat saja model baju wanita yang selalu mengikuti trend mode terbaru. Tengoklah bagaimana wanita keranjingan memakai baju model Syahrini sesaat setelah artis tersebut tampil dengan baju muslimah khas dia. Begitupun ketika perancang muda Dian Pelangi gencar promosi bisnis gaun hijab kain batik, para ibu maupun remaja putri gandrung pada busana itu. Bagi yang jeli melihat peluang, ini bisa jadi inspirasi untuk membuka usaha butik.

Mengapa pakaian yang dipakai Syahrini sangat diminati? Mengapa pula hijab rancangan Dian Pelangi begitu disukai hingga banyak wanita yang ingin memilikinya? Jawabannya tidak lain karena punya diferensiasi, berbeda dari yang sudah ada. Nilai itulah yang bisa membuat sebuah usaha baru menjadi trensetter di kelasnya. Berbeda tidak berarti sama sekali baru tapi punya nilai lebih dibanding baju pada umumnya. misalnya dalam hal model-model yang selalu baru, performance, warna, pernak-pernik, acessories, dan cara pemakaian yang mudah.
Memulai Usaha Baru Buka Butik
Usaha Butik Dian Pelangi - Foto:dianpelangi.com
Sifat wanita yang selalu ingin tampil sempurnya merupakan peluang besar untuk membuka usaha butik. Tentu saja dibutuhkan persiapan dalam melihat kecenderungan model yang disukai. Pakaian yang sudah banyak dijual di pasaran biasanya kurang menarik minat mereka untuk membeli. Kesan mewah dan berharga mahal menjadi kebanggaan wanita dalam urusan baju. Apalagi toko baju anda menggunakan brand dengan embel-embel butik, bukan toko baju atau toko pakaian.

Cara memulai usaha baru buka butik
1.      Lakukan survey kecil-kecilan dengan mengamati kecenderungan model pakaian yang disukai di lingkungan anda. Bertanya kepada teman wanita anda yang suka belanja baju termasuk bagian dari survey pasar.
2.      Karena usaha yang akan anda buka adalah butik maka diperlukan modal untuk membeli peralatan menjahit dan bahan untuk membuat baju yang berkualitas.
3.      Carilah lokasi usaha yang strategis, mudah dilihat, dan sering dilalui kendaraan maupun pejalan kaki.
4.      Tentukan sasaran;  anak-anak, remaja, atau ibu-ibu. Ini penting untuk menentukan desain butik yang akan anda buka.
5.      Carilah penjahit yang sudah berpengalaman sebagai karyawan yang akan menghasilkan produk pakaian yang disukai.
6.      Lakukan promosi mulai dari orang-orang terdekat, keluarga, dan teman-teman yang sudah anda kenal. Bila perlu, pinjamkan baju rancangan anda untuk dipakai mereka ke acara-acara tertentu, misalnya resepsi pernikahan, pesta-pesta, dll.
7.      Berikan diskon atau harga khusus kepada orang-orang yang anda kenal maupun pelanggan yang baru pertama kali datang. Titipkan kartu nama kepada semua orang yang  datang ke butik anda.
8.      Ikuti terus perkembangan dunia mode melalui televisi maupun majalah yang mengulas model-model baju terbaru.

Cara memulai usaha baru harus melalui perhitungan yang masak agar anda tidak salah langkah dalam memilih segmen pasar yang akan anda bidik. Masa depan usaha rumahan jual pakaian sangat menjanjikan jika dibarengi dengan pelayanan dan menjaga kualitas produk. Persaingan tidak perlu dipandang sebagai hambatan jika anda memang ahlinya. Selamat berbisnis semoga sukses.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 4.3.13

{ 5 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Dzaky Dewan mengatakan...

Trims atas tipsnya!

jualanbusana.com mengatakan...

menarik dan bermanfaat buat saya infonya gan..

yoga mengatakan...

Menarik sekali atas usaha anda,dan info2nya bermanfaat buat saya

SoftwareKasir mengatakan...

Sangat Bagus sekali informasinya , terimakasih.
Untuk menyempurnakan pengelolaan management barang pada tempat usaha anda , perkenankanlah kami membantu dengan software yang kami tawarkan.

www.softwareminimarket.com

Wishpond mengatakan...

Bagi Anda yang baru memulai usaha atau sudah memiliki toko tapi masih bingung bagaimana cara untuk mendatangkan pelanggan baru.

Kami punya solusinya!!!!!.

Berinteraksilah dengan klien atau pelanggan baru melalui Kontes seperti Kontes Foto, Video dan Undian melalui aplikasi Wishpond. Kontes kami dapat dibuat dalam hitungan menit dan sejatinya tidak memerlukan keahlian teknis.
KFC ,KIA dan Unilever terbukti sukses menjalankan kampanye sosial mereka dengan Wishpond.

Ayo buat kampanye sosial gratis anda sekarang di https://corp.wishpond.com or http://www.wishpond.co.id/

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.