Bisnis Sampingan Karyawan

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Punya bisnis sampingan merupakan langkah yang perlu dilakukan bagi para karyawan. Hal ini bisa dijadikan sebagai persiapan saat memasuki masa pensiun kelak. Bagi pegawai negeri masih beruntung karena bisa menikmati uang pensiun, sedangkan karyawan swasta umumnya hanya mendapatkan pesangon. Jika sudah mempersiapkan bisnis sampingan karyawan tentu uang pesangon itu bisa digunakan sebagai dana segar untuk menambah modal.
Bisnis Sampingan Karyawan

Memilih bisnis sampingan yang cocok bagi karyawan sebenarnya tidaklah sulit. Tiga hal berikut dapat dipakai sebagai acuan dalam membuka usaha sampingan bagi karyawan.
1.      Bidang yang anda kuasai
Jika anda menguasai bidang elektronika, mulailah berpikir untuk membuka usaha bidang ini. Misalnya, anda paham produk-produk elektronik, tahu selera konsumen, punya jaringan pemasaran, tahu jalur distribusi dan alamat agen, anda bisa membuka usaha penjualan elektronika sebagai bisnis sampingan.
2.      Bidang yang anda minati
Minat anda terhadap suatu bidang usaha akan memperlancar bisnis anda di kemudian hari. Bila anda berminat pada usaha makanan, misalnya, maka usaha buka warung/restoran akan membuat anda enjoy. Misalnya, anda sangat menguasai resep makanan dari berbagai daerah di Indonesia, paham selera konsumen, tahu makanan yang sedang ngetren, ini sebuah peluang yang harus ditangkap.
3.      Bidang yang anda tekuni
Selama menjadi karyawan, mungkin anda sudah menekuni suatu bidang tetapi tidak memanfaatkan sebagai lahan bisnis. misalnya, disamping sebagai karyawan anda juga menekuni hobi bongkar pasang kendaraan bermotor, bahkan suka membuat modifikasi motor anda. Mengapa ini tidak dimanfaatkan sebagai bisnis sampingan?

Sebuah peluang memang perlu kejelian melihatnya sebagai bisnis sampingan disamping pekerjaan anda sebagai karyawan. Dengan mengacu pada tiga hal di atas anda dapat membuka usaha rumahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama sebagai karyawan. Setelah anda yakin bisa sukses meraih penghasilan lebih besar melalui usaha modal kecil, membangun bisnis sendiri merupakan keniscayaan.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 16.5.13

{ 1 komentar... Silakan dibaca atau Tulis Komentar }

peluang kemitraan mengatakan...

Sangat Inspiratif....ayo semangat 2....take action....kalau kebanyakan mikir kapan mulainya....

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.