Advertising Lewat Facebook

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Advertising Lewat Facebook. Ini judul perbincangan kita tentang facebook kali ini, setelah sebelumnya kita bicara tentang facebook dari segi popularitas dan nilai jualnya. Advertising atau Advertisement yang disingkat Ads merupakan istilah lain dari kata periklanan. Facebook advertisement atau Facebook Ads, yang mulai populer beberapa tahun belakangan, mengambil pendekatan yang cukup berbeda dari Google. Walaupun bukan bermaksud menyaingi Google, tetapi mau tidak mau, ada sedikit persaingan di sana.

Keuntungan Facebook adalah target market telah terdaftar di database mereka, lengkap dengan identitas, umur, hobby, pekerjaan, minat, dan sebagainya. Tentu saja ini sangat membantu facebook dalam meningkatkan efektivitas iklannya. Kata tertarget (targetted word) yang diusung oleh Google, diubah oleh facebook menjadi orang tertarget (targetted people) yang diharapkan akan lebih efektif menjangkau para pengguna facebook. Targetted people, artinya kita bisa memasarkan produk kita yang terkadang segmented, atau target market yang kita bidik sebagai konsumen produk kita sendiri.

Pemilihan target market yang spesifik yang ditawarkan oleh facebook dapat dijelaskan seperti ini:

1. Location - Menentukan target yang berdomisili di mana yang Anda pilih.
2. Age - Rentang umur dari target market yang Anda sasar dari produk Anda.
3. Birthday - Dapat Anda setting jika produk Anda berupa gift atau suvenir untuk hadiah ulang tahun.
4. Sex - Jenis kelamin yang Anda targetkan dari produk Anda.
5. Keyword - Keyword dari produk anda
6. Education - Tingkat pendidikan yang ingin Anda tuju.
7. Workplaces - Berhubungan dengan tempat kerja yang telah Anda targetkan dari produknya.
8. Relationship - Jika produk Anda bersegmen untuk orang yang telah menikah, singel, atau pun masih berpacaran.
9. Interested in - Ini adalah minat dari para target market Anda, misalnya produk Anda berhubungan dengan musik, setel pada musik.
10. Languages - Para pengguna bahasa apa saja yang menjadi target market Anda.
11.Connection - Para user yang berhubungan dengan page,event, atau group apa yang Anda telah Anda tujukan.
12. Friends of connection - Teman dari orang yang berhubuungan dengan page, event, atau group tertentu yang Anda anggap merupakan pasar potensial produk Anda.

Setelah mengisi formulir yang disediakan facebook, secara otomatis facebook akan mengkalkulasi jumlah target market Anda di database mereka. Dengan cepat pula Anda dapat mengetahui jumlah target market Anda yang mempunyai kemungkinan membeli atau mengakses produk Anda. Facebook Advertising atau Facebook Ads ini sangat efektif. Silahkan Anda mencoba mempromosikan bisnis Anda lewat facebook Ads.

Mengapa Facebook Ads disebut Iklan Sosial?

Apakah Anda penggemar facebook, atau Anda merupakan salah satu pelakunya yang menggunakan facebook sebagai jejaring sosial Anda, bukan hanya sebagai chatting, update status, atau mengetahui kabar dari teman Anda? Apakah Anda menggunakannya sebagai sarana periklanan untuk produk Anda atau lebih baiknya Anda menyebutnya sebagai perkenalan produk Anda terhadap mereka yang mempunyai keterkaitan dengan akun Anda?

Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 18.4.11

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

onlinetourservices.com mengatakan...

Facebook sebagai situs jejaring sosial no.1 didunia dengan jumlah pengguna terbanyak, jd jika jualan sangatlah cocok krn sudah ramai pengunjungnya akan tetapi daya saingnya pun dengan kompetitor lain juga semakin tinggi, keren nih artikelnya

biasa di panggil 'bhotol' mengatakan...

follow ke 5 successssssssssssss
follow back -the diary of me- plu undul gan:)

Bisnis Online mengatakan...

Menarik nih untuk disimak

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.