Apa Perbedaan Web dengan Blog

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia


Apa bedanya web dengan blog?. Dua istilah ini seringkali masih menjadi pertanyaan bagi para pengguna internet, terutama yang masih baru alias newbie. Hal itu wajar, karena memang dua istilah ini sering dipakai secara bersamaan. Kadang menyebut web atau website, kadang disebut blog, kadang juga disebut situs. Lalu, apa yang membedakannya. Berikut kita ikuti perbincangan tentang istilah-istilah tersebut.
Kiri      :  blog itu apa web juga?
kanan  : ya, iya lah.
Kiri      : lalu, apa bedanya?
Kanan : blog itu pasti web, tapi web belum tentu blog. Blog disajikan secara kronologis, berdasarkan urutan waktu pengiriman (posting). Artinya, setiap pemilik blog mengisi blognya dengan tulisan baru maka tulisan lama akan digeser ke bawah, begitu seterusnya. Sehingga tulisan yang terbaru posisinya selalu ditampilkan di bagian paling atas blognya. Itulah sebabnya web dengan tampilan seperti itu disebut web log (artinya: web yang disusun menurut urutan waktu panulisan (log) seperti diary atau buku harian, gitu. Istilah ini kemudian lebih populer dengan sebutan blog saja. Blog memungkinkan pengunjung ikut berinteraksi dengan memberikan komentar, usul, maupun saran terhadap artikel yang disajikan. Blog juga memiliki fasilitas pengaturan (dashboard) yang mudah digunakan oleh pemakai internet, bahkan yang awam sekalipun. Seperti kamu itu juga bisa dengan mudah bikin blog. Blogger.com, blogdetik.com atau wordpress.com menyediakan pembuatan blog secara instant yang dapat dilakukan oleh siap saja. Dalam waktu tidak lebih dari 10 menit halaman blog sudah bisa dibikin dan siap diisi dengan apa saja sesuai keinginanmu. Gratis lagi. Syaratnya Cuma harus memiliki alamat e-mail. e-mail kan juga bisa dibuat dalam waktu 10 menit saja. Bahkan kurang dari itu.      
Kiri         : kalau , web?
Kanan    : Pada mulanya web bersifat statis. Konten (isi) web bersifat permanen dan hanya di-update jika memang terdapat perubahan-perubahan penting pada organisasi pemilik web tersebut. Di era sekarang ini, tampaknya tampilan dan manajemen web memiliki kecendungan menyamakan diri dengan blog. Hal ini terkait dengan keinginan pengunjung yang ingin adanya komunikasi dua arah antara pemilik blog dengan pengunjungnya. Akhirnya,  muncullah  web dinamis yang gaya penyajiannya mirip dengan blog. Makanya ada web berita, web musik, web pendidikan, web pemerintahan, web iklan, web fashion, dan seabreg web lainnya.
Kiri         : o..oo., berarti blog itu yang gratisan, sedangkan web harus bayar.
Kanan    : tidak begitu. Banyak juga pemilik blog atau disebut dengan blogger yang memiliki domain misalnya .com, .net  (baca: dot com, dot net) yang berbayar dan menggunakan layanan hosting atau tempat penyimpanan file yang akan ditampilkan dalam bentuk blog yang juga berbayar.
Kiri         : lalu, apa untungnya punya blog?
Kanan    : itu kita bicarakan nanti lain waktu. Sudah paham atau belum, perbedaan web dengan blog?
Kiri         : sudah. Kalo situs?
Kanan    : situs, web, website itu sama saja. Situs itu sebutan website (di-Indonesiakan menjadi situs) sedangkan web itu sebutan singkat website.
Kiri         : kesimpulannya?
Kanan    : ya, simpulkan sendiri.
Kiri         : heee….heee…
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 24.3.11

{ 0 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.