Salsa Maribo Bermusik Sambil Beramal

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia





Nama Kelompok Musik Salsa Maribo mengingatkan kita pada kelompok musik yang membawakan lagu-lagu Latin. Padahal tidak demikian. Nama Salsa Maribo merupakan singkatan dari Selasa Malam Rabo. Nama ini merupakan pemberian dari Wakil Bupati Pamekasan, Drs. Kadarisman Sastrodiwiryo, Msi.
Menurut Totok Hartono, Manajer Salsa Maribo, “Awal mula Salsa Maribo, merupakan komunitas kecil yang biasa berkumpul setiap Selasa malam Rabu. Itu pula yang kemudian mengilhami komunitas ini dengan nama Salsa Maribo.”
"Salsa Maribo itu kepanjangan dari Selasa malam Rabu," katanya sambil tertawa.
Musik gambus menjadi ciri khas penampilannya dalam setiap pementasan. Kendati demikian, salsa maribo termasuk kelompok musik yang menyajikan berbagai jenis musik. Mulai dari gambus, pop. Rock, keroncong, hingga lagu-lagu dangdut.
"Kami ini bukan kelompok musik gambus. Hampir semua jenis musik kami dalami. Yang jelas, musik yang kami sajikan adalah musik yang berharkat dan bermartabat." ujar Totok Hartono, manajer Komunitas Salsa Maribo.
Komunitas yang dibentuk tahun 2006 ini, dalam setiap pementasan, Salsa Maribo tidak terlalu menekankan pada nilai material, tetapi nilai silaturrahminya. “Prinsipnya kami ini Bermusik sambil Beramal.


Dijelaskan, komunitas Salsa Maribo memang biasa berkumpul setiap hari Selasa malam. Mereka yang terdiri dari berbagai aliran musik bersatu untuk membuat komunitas. "Awalnya kan teman-teman ini biasa kumpul bersama. Sampai sekarang setiap Selasa malam Rabu itu kan masih biasa kumpul di Pendapa Wabup," terangnya.


Bukan hanya dari pemusik saja yang berkumpul. Semua pihak yang memiliki kepedulian juga berkumpul. Terutama, kalangan pejabat pemkab. Dalam perkembangannya, komunitas ini semakin maju dan berkembang hingga akhirnya membentuk Salsa Maribo. Para pemusik dari berbagai aliran berkumpul. Kini, jumlah personel Salsa Maribo mendekati 30 orang.

Memasuki tahun 2011, Salsa Maribo semakin terkenal. Bukan saja sebagai komunitas pencinta musik. Melainkan, benar-benar menjadi grup musik yang elegan. Maklum, semua  aneka jenis musik ada di Salsa Maribo. "Semula, kami hanya tampil di acara-acara pemkab. Namun, kini sudah hampir setiap hari mengisi acara, seperti " ungkap Totok.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 27.3.11

{ 0 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.