Jembatan Suramadu: Wisata Tak Tergarap

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

Potensi wisata Suramadu bisa menjadi peluang usaha untuk dikembangkan. Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan konon di Asia Tenggara memiliki keunikan dan keistemewaan. Panjang jembatan yang mencapai 4,3 mil atau 7 km melintasi selat Madura sebagai penghubung kota Surabaya dan pulau Madura memiliki potensi besar untuk dijadikan objek wisata bahari. Sayangnya, pemerintah pusat maupun provinsi Jawa Timur kurang serius menggarap peluang itu.

Foto jembatan Suramadu dari berbagai sisi dan waktu menunjukkan betapa indahnya jembatan ini. Deretan pedagang kaki lima di sisi Bangkalan Madura dengan barang dagangan khas Madura seharusnya ditata dengan manajemen yang baik. Pemerintah harus turun tangan mengorganisir mereka agar menjadi tujuan wisata yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar, bahkan menghasilkan devisa. Itu harapan besar masyarakat seperti halnya ulasan di blog Suramadu ini.

Hingga memasuki tahun ketiga sejak diresmikan tanggal 20 Juni 2009 oleh predisen SBY, wisata Suramadu masih belum ada tanda-tanda digarap secara serius. Tarik ulur pengelolaan jembatan Suramadu antara badan yang dibentuk pemerintah dan pemerintah daerah masih terus berlangsung. Hal ini makin memperparah keadaan hingga pembicaraan siapa yang akan mengelola dan bagaimana harus dikelola, tak kunjung membuahkan hasil. Ujung-ujungnya, masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya dan Madura yang dirugikan. 
pedagang kaki lima Suramadu
Jembatan Suramadu malam hari
Persoalan-persoalan teknis menyangkut pembagian keuntungan dan otoritas pengelolaan jembatan Suramadu, terutama wilayah sisi Madura menjadi kendala utama. Akibatnya industrialisasi yang telah direncanakan di wilayah Madura juga belum menampakkan galiatnya. Akankah tertunda dan berlarut-larut seperti pembangunan jembatan Suramadu sendiri? Semoga tidak.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 30.1.12

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

usaha sukses mengatakan...

memang kebanyakan pembangunan di negeri ini tidak di pelihara dan dioptimalkan potensinya dengan baik. juka proyek sudah selesai, ya sudah tidak ada tindak lanjutnya. Moga suramadu dapat memberi nilai lebih untuk masyarakat sekitarnya.

Admin Suramadu Blog mengatakan...

@ Usaha Sukses, ya begitulah, Kawan. Dibutuhkan kesabaran untuk mencapai keinginan. Kuncinya adalah sabar, sabar, dan sabar. Mudah-mudahan warga Madura khususnya bisa mengambil peluang usaha dengan adanya jembatan Suramadu.

Lia mengatakan...

setuju. keindahan jembatan suramadu dan keindahanan alam madura ini menjadi modal besar untuk menciptakan objek wisata di suramadu. tinggal manajeman pengelolaannya saja yang mungkin perlu ditingkatkan.

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.