Cara Perawatan Murai Batu

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

murai batu
Perawatan murai batu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Misalnya, pada saat murai batu rontok bulu maupun tumbuh bulu harus diperhatikan cara merawat murai batu ini agar tidak stress. Begitu pula diperlukan perawatan harian secara benar, termasuk setelah mengikuti lomba. Sebenarnya cara perawatan murai batu atau murai medan ini tidak beda jauh dengan perawatan burung lainnya. Hanya saja, karena burung ini mudah stress dan harganya mahal maka diperlukan cara perawatan burung yang baik. Apalagi jika masih anakan atau bakalan maka diperlukan pengetahuan cara merawat murai batu bakalan agar bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan kicauan yang maknyus. Ya, kan? Ya, toh?

Perawatan murai batu ketika tumbuh bulu jangan sampai dijemur karena ini bisa berakibat fatal. Agar proses pertumbuhan bulu berjalan baik  perlu ditambahkan Growvit pada minumannya dan air mandinya perlu diberi obat untuk mandi sang burung kesayangan. Sedangkan ketika hendak rontok bulu, kandang murai batu harus selalu dibersihkan tiap hari. Ini untuk menjaga agar ia tetap sehat dan nyaman. Waktu mandi harus dikurangi, yaitu cukup 2 atau 3 hari sekali pada saat siang hari sekitar jam 12.00.  Saat rontok bulu ini, sebaiknya selesai mandi tidak perlu diangin-anginkan tapi langsung dikrodong dalam kondisi bulu basah. Hal ini untuk membantu pertumbuhan bulu-bulunya.

Perawatan murai batu tiap hari: pada pagi hari sekitar jam 7.00 krodong burung dibuka pada tempat yang teduh dan udara sejuk. Makanan yang diberikan 2 sendok kroto dan 5 ekor jangkrik, setelah itu baru dijemur sekitar setengah jam. Jangan lupa diangin-anginkan selama setengah jam pula, kemudian ditutup. Sore hari, burung murai batu dikrodong dan dimandikan, kemudian diberi makan 5 ekor jangkrik sebelum digantung di tempat yang teduh dan tenang.

Perawatan murai batu setelah lomba: usahakan sesampai di rumah murai batu dimandikan dan tidak perlu diberi makan jangkrik agar tidak galak.

Cara perawatan murai batu ini ditulis berdasarkan penuturan teman-teman yang sudah berpengalaman dalam  perawatan burung murai batu. Bagi yang ingin menambah tips perawatan murai, silakan tulis komentar di bagian bawah blog ini. Semoga bermanfaat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 15.12.11

{ 1 komentar... Silakan dibaca atau Tulis Komentar }

Style Keyboard Yamaha mengatakan...

Ok.. Mantrappp... Ulasannya pak..

Posting Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.