Kandang Penangkaran Murai Batu

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
penangkaran murai batu
Kandang penangkaran murai batu merupakan bagian penting dalam usaha penangkaran burung murai batu. Kandang murai batu ini menurut Rachmanto dalam buku “Penangkaran Burung Murai Batu” harus dibuat dengan ukuran yang cukup besar yang dapat diisi satu pasang atau beberapa ekor burung murai untuk dikawinkan. Desain kandang murai batu hendaknya sesuai dengan habitat aslinya.

Habitat asli burung murai batu ini setiap hari mandi dan bertengger di bebatuan atau tebing-tebing sambil berkicau. Murai batu juga menyukai semak belukar dan rerumputan yang ada pohon agak besar untuk bertengger sambil bercengkerama dan bertelur. Pohon yang disukai misalnya rumpun bambu, palem, atau alang-alang. Dengan memperhatikan habitat asli murai batu, kita dapat membuat kandang penangkaran yang nyaman bagi burung nurai batu. Dengan cara perawatan yang demikian ini, usaha kecil penangkaran murai batu akan berhasil.

Syarat-syarat Kandang Penangkaran Murai Batu
  1. Lingkungan penangkaran harus aman, nyaman dan tenang, jauh dari kebisingan karena murai batu mudah stress. Dengan tempat penangkaran yang demikian, usaha penangkaran murai batu akan berhasil.
  2. Kandang penangkaran dibuat menghadap ke timur agar sinar matahari pagi dapat langsung masuk ke kandang.
  3. Lantai kandang harus lebih tinggi dibandingkan tanah di luar kandang. Hal ini untuk menghindari air hujan masuk ke dalam kandang.
  4. Kandang penangkaran bebas dari serangga seperti kecoa dan semut. Disamping itu kandang harus terhidar dari serangan binatang seperti tikus, anjing, kucing, dan ular.
  5. Sirkulasi udara dalam kandang penangkaran harus baik sehingga udara segar akan selalu dinikmati oleh murai batu setiap saat.
  6. Pohon perindang akan mendukung tempat penangkaran sesuai habitat aslinya.
  7. Kolam air diperlukan murai batu agar bisa mandi setiap saat, sedangkan bebatuan sebagai tempat bertengger akan burung murai batu bisa berjemur sambil berkicau. Kolam ini airnya diusahakan selalu jernih dan bisa diisi ikan hias untuk menambah keindahan kandang.
kandang penangkaran murai batu
Kandang Penangkaran Murai Batu

Demikian tips sederhana tentang kandang penangkaran murai batu. Jika ada yang ingin menambahkan silakan menulis komenter di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 15.12.11

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Serama Kajhu mengatakan...

Ukuran kandang@ mas berapa x berapa...???

Serama Kajhu mengatakan...

Ukuran kandang@ mas berapa x berapa...???

Anonim mengatakan...

ukuran kandang 5cm x 5cm buat kandang KONTOL

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.