Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
membedakan anis merah jantan dan betina
Membedakan Anis Merah jantan dan betina yang sudah dewasa bukan pekerjaan mudah. Sedangkan untuk Anis Merah anakan untuk membedakan jantan dan betina tidak terlalu sulit. Ini berdasarkan penuturan para penggemar burung Anis Merah dalam forum-forum online maupun offline. Kendati demikian, bagi yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi dalam dunia perburungan atau per-Anis Merah-an (istilahnya kok kedengaran aneh, ya), membedakan Anis Merah jantan dan betina cukup mudah. Bahkan ada yang bisa membedakan hanya dengan melihat sekilas dari postur burung dan trotolan pada sayap burung.


Cara membedakan Anis Merah jantan dan betina bisa disimak pada kutipan berikut yang diambil dari omkicau.com

Dalam kasus anis merah sudah dewasa, kita sangat sulit menentukan jenis kelamin anis merah. Yang bisa menentukan kadang malah feeling kita. Dan semuanya didasarkan pada “jam terbang” kita.

Om Arda misalnya, dia akan mudah bilang ini jantan atau ini betina karena pengalamannya dalam melihat postur burung dengan proporsi tertentu (proporsi adalah “perbandingan” antara bentuk dan besaran bagian tubuh tertentu dengan bentuk dan besaran tubuh tertentu lainnya; dan bukan besaran satu bagian tubuh tertentu saja, misalnya ya hidung menyerupai canary seed dsb itu).
Tetapi coba tanyakan, mengenai ciri-ciri yang Om Arda gunakan sebagai patokan menentukan jantan atau betina, maka dipastikan Om Arda tidak bisa menjelaskannya secara rinci. Mengapa? Ilmu yang belum “terkodifikasikan” di dalam pemikiran Om Arda memang tidak bisa diomongkan/didefinisikan secara pasti melalui tuturan kata-kata. Maka singkat kata, kalau ditanya mengapa bisa mengatakan jantan atau betina, Om Arda hanya akan bilang, “Ya feeling aja sih.”

Kalaupun dikejar lebih jauh, ya bisa saja bilang “kakinya terlihat panjang, hidungnya mancung, kulitnya putih dsb,” hehe. Nah, dalam kaitan inilah meskipun secara sekilas lihat mungkin Om Arda sudah bisa mengatakan apakah burung tertentu itu jantan atau betina, tetapi karena semua berkaitan dengan masalah “ukuran” yang relatif, lebih baik Om Arda tidak menyampaikannya karena hanya akan membuat orang lain bingung atau akan menimbulkan kontroversi.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana membedakan Anis Merah jantan dan betina silakan buka Omkicau.com.

Tinggalkan komentar jika Anda ingin menambahkan artikel ini. Semoga bermanfaat.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 18.12.11

{ 2 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

Anonim mengatakan...

haaaaaaaaa sangat mudah membedakan laki dan perempuannya.....datang saja ke tabanan bali

Usaha Rumahan mengatakan...

Wah, kalo di Tabanan-Bali ini burung yang lain lagi, pastinya.

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.