Penangkaran Lovebird

Oleh Malik Ibrahim

>> Grosir Batik Madura Murah
Pusat Grosir Batik Madura Paling Murah 65 Ribu Langsung dari Pengrajin Batik Tulis Pamekasan, Madura. Hubungi: 087850507172
www.grosirbatikmadura.com
Ads by: Batik Indonesia

gambar love bird
Penangkaran lovebird bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Harga lovebird yang akhir-akhir ini membumbung tinggi menjadi daya tarik tersendiri dalam mengembangkan usaha kecil penangkaran lovebird. Di beberapa tempat penangkaran, harga anakan atau bakalan bisa mencapai 2 juta per pasang, bahkan lebih. Lalu, kalau sudah jadi atau sudah cantik untuk indukan berapa harganya? Dikira-kira sendiri. Wajar saja, saat ini banyak yang melirik usaha penangkaran lovebird sebagai usaha sampingan atau bahkan usaha utama.

Untuk menjadi penangkar yang berhasil diperlukan pengetahuan beternak yang memadai. Pengetahuan terkait masalah kandang penangkaran, baik ukuran maupun desain, jenis kelamin lovebird, masalah pakan terutama ketika lovebird birahi, obat-obatan, penyakit yang sering menyerang lovebird, dan perawatan lain yang mendukung suksesnya  penangkaran burung lovebird.

Berikut ini sedikit tips untuk anda yang ingin membuka usaha penangkaran lovebird.
1.      Kenali perbedaan lovebird jantan dan lovebird betina. Cara mengenalinya adalah meraba kedua capit udang yang ada di bawah duburnya. Lovebird jantan, biasanya keras, rapat dan lancip sedangkan lovebird jantan biasanya capit udangnya lembek, lebar dan tumpul. Ketika birahi, Lovebird betina akan mengumpulkan bahan sarang dan diselipkan di antara kedua sayapnya untuk kemudian dimasukkan ke kotak sarang.
2.      Untuk memacu produktivitas, ekstrafood sangat berpengaruh. Misalnya, agar burung cepat birahi dan kawin maka kebutuhan kangkung harus diperbanyak. Kangkung yang diberikan harus benar-benar masih segar dan dipetik dari rawa yang bebas pestisida dan bahan kimia lainnya.
3.      Model kandang penangkaran lovebird menjelang birahi dan siap kawin hendaknya dibuat tanpa penyekat yang diisi beberapa pasang agar burung yang sedang birahi dapat memilih pasangannya sendiri-sendiri.. Jika sudah menemukan pasangannya, baru dipisahkan ke dalam masing-masing petak bersama pasangannya.
4.       Pakan untuk indukan yang sedang mengasuh anakan,  hendaknya diperbanyak dengan asupan jagung muda agar lebih aman bagi pencernaan lovebird anakan karena jagung muda bersifat agak lembek sehingga mudah dicerna.
5.      Permasalahan yang sering muncul pada lovebird anakan harus menjadi perhatian. Misalnya, seringkali terjadi lovebird anakan tidak bisa berdiri sempurna dan cenderung miring. Penyebabnya adalah bahan sarang yang ada di dalam sangkar kurang mencukupi sehingga tempat pijakan lovebird anakan menjadi licin. Bahan dasar kotak penangkaran yang terbuat dari triplek bisanya yang menjadi penyebanya. Hindarilah.
6.      Adakalanya indukan Lovebird tidak mau mengasuh anakannya. Jika ini terjadi, Anda harus menyuapi anakan lovebird tersebut. Anakan lovebird harus disuapi 2 jam sekali dan tetap ditaruh di dalam kotak yang hangat, misalnya dengan diberi lampu dop 5 watt sebagai penghangat. Anakan lovebird bisa disuapi campuran  bubur susu untuk bayi dan air matang hangat dengan menggunakan sendok. Setelah anakan lovebird berumur 4 minggu bisa diberikan makanan sayuran dan buah-buahan.
Itulah tips sederhana yang dituturkan oleh seorang teman yang telah sukses memulai usaha kecil penangkaran lovebird. Jika ada yang ingin menambahkan silakan berkomentar.
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 16.12.11

{ 3 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

haikatanya mengatakan...

setelah udah anakan bisa di kawinkan lagi kira2 berapa minggu ,om ?
Apakah wajar bertelur 4 tapi yang jadi cuman 2 ekor ?

Tq

bangdoel mengatakan...

neh bisa buat persiapan pensiun...

novian alqadri mengatakan...

www.rajaburungg.com,menjual berbagai jenis burung kicauan seperti,lovebird,kenari,cucak rowo dan muray batu medan,semua burung yang kami jual adalah hasil tangkaran kami sendiri,bagi agan/sista yang berminat dengan burung yang kami jual silahkan hubungi 0858 3783 9529 atau kunjungi websaite kami di www.rajaburungg.com terima kasih

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.