Penangkaran Anis Merah

Oleh Malik Ibrahim

Usaha Batik
Penangkaran Anis Merah masih menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Budidaya anis merah bisa menghasilkan keuntungan dan kepuasan mengingat penggemar burung anis merah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kicau anis merah tergolong merdu, bahkan sebagian orang mengatakan kicau burung Anis Merah sangat seksi (kicau Anis Merah bisa Anda download di bawah artikel ini). Lomba kicau burung Anis Merah juga sering diselenggarakan. Oleh karena itu, beberapa teman penggemar burung sangat antusias melakukan penangkaran Anis Merah sebagai usaha sampingan, disamping menyalurkan hobby.


Cara penangkaran Anis Merah bukanlah hal yang susah bagi penggemar burung ini yang sudah lama mengenal karakter Anis Merah. Untuk menjadi penangkar Anis Merah yang sukses, tentunya dipelukan pengetahuan dasar yang memadai tentang seluk-beluk penangkaran ternak unggas.

Inilah tips cara penangkaran Anis Merah bagi Anda yang berminat melakukan budidaya.
1. Menyiapkan kandang penangkaran Anis Merah yang memenuhi syarat tempat penangkaran. Bahan penting yang harus ada adalah sarang untuk bertelur dan cacing yang merupakan pakan kesukaan burung Anis Merah. Kandang penangkaran bisa berbentuk kotak dengan sekat di bagian tengah. Untuk lebih jelasnya tentang kandang bisa dilihat di Omkicau.com

2. Memilih indukan jantan yang sudah berumur 2 tahun atau lebih. Sedangkan indukan betina sebaiknya sudah pernah bertelur. Pertanda betina sudah birahi biasanya sering mengeleper dan mencuit-cuit seolah memanggil pejantan untuk dikawini.

3. Tempatkan sarang yang terbuat dari sabut kelapa dan diberi daun cemara di atasnya.

4. Kandang penangkaran dibagi menjadi dua dan diberi sekat. Bagian satu disediakan cacing beserta makanan lain, sedangkan sekat satunya diletakkan sarang yang sudah dibuat tadi.

5. Langkah selanjutnya, indukan jantan dimasukkan ke kandang penangkaran yang ada sarangnya, sedangkan si betina dimasukkan ke kandang penangkaran yang sudah disiapkan cacing dan makanan lain. Peletakkan indukan jantan pada bagian kandang yang diberi sarang dimaksudkan agar bahan sarang tersebut dimanfaatkan oleh Anis Merah jantan menarik perhatian Anis Merah betina untuk dikawini. Jika si betina sudah birahi, barulah pejantan membawakan sarang yang terbuat dari daun cemara itu dan menaruh di dekat si betina.

6. Hari pertama perlu disediakan jangkrik dan cacing dengan porsi 3 kali lipat dari biasanya agar birahi kedua indukan meningkat.

7. Pertanda Anis Merah jantan sudah birahi adalah apabila memainkan jangkrik atau cacing di mulutnya. Jika ini terjadi, segera lakukan pemberian pemberian porsi makanan lebih banyak di kandang pejantan. Sedangkan si betina cukup diberi voer agar jika masih lapar akan minta disuapi si jantan. Jika ini sering terjadi selama 3 hari berturut-turut atau lebih maka keduanya bisa disatukan agar terjadi perkawinan. Bagaimana jika tidak terjadi suap-suapan? Wah, ya sabar saja karena beberapa kasus, perjodohannya bisa butuh waktu lebih lama karena dasarnya memang Anis Merah jantan dan Anis Merah betina suka bertengkar.

8. Berdasarkan pengalaman yang dituturkan oleh Wah Haji Padepokan Gamprit, Jika Anis Merah sudah jodoh, harus diusahakan EF selalu tersedia dalam kandang, dan yang paling bagus EF-nya adalah cacing dan jangkring.
penangkaran anis merah
Kandang Penangkaran Anis Merah 1

penangkaran anis merah
Kandang Penangkaran Anis Merah 2

Sumber: Wak Haji Padepokan Gamprit
 
DOWNLOAD KICAU ANIS MERAH MP3
Kicau Anis Merah - Versi 1 Mp3 [DOWNLOAD]
Kicau Anis Merah - Versi 2 Mp3 [DOWNLOAD]

FOTO: blogtopsites.com
Oleh: Malik Ibrahim
Usaha Rumahan, Updated at: 18.12.11

{ 2 komentar... Silakan Dibaca atau Tulis Komentar }

dian mengatakan...

haiii,, salam kenal ia dari dian. ^^
o iya jangan lupa mampir ke blog dian iya di http://blog.umy.ac.id/rumahkiat/,
wuaaaah.. blog kamu bagus. good luck iya kawan.. ^__^

SALM BLOGER INDONESIA.

" Tukeran link juga bisa. "

Suramadu Blog mengatakan...

@Dian, salam kenal balik, terima kasih telah berkunjung. Saya juga sudah mampir ke blog Anda. Blog kamu bagus juga.

Poskan Komentar

Saudaraku, Mohon berkomentar yang memberi semangat dan inspirasi bagi pencari info usaha rumahan. Terima Kasih.